Tuesday, August 28, 2018

Keuntungan Mempublikasikan Post Artikel Secara Berkala

Keuntungan Mempublikasikan Post Artikel Secara Berkala


Nah, kali ini saya akan memberi info tentang apa sih keuntungannya jika kita membuat atau mempublikasikan sebuah post yang berisi artikel secara berkala? Terkadang memang jika kita baru saja memasuki dunia blog, ada dua kemungkinan yang terjadi. Kita akan bersemangat dan memposting setiap hal yang kita tahu atau kita malas untuk membuat suatu artikel. Sebetulnya kedua hal tersebut juga tidak baik untuk sebuah blog. Kenapa? Jika kita memposting setiap hal yang kita tahu merupakan hal yang kurang baik, karena mesin pencari dapat merasa jenuh dengan kehadiran post baru dari blog kita.

Namun yang lebih parah dari itu adalah jika kita jarang membuat artikel, apalagi dalam jangka waktu yang lama (seminggu sekali atau lebih). Memang beberapa dari anda pasti merasakan rasa malas ketika membuat artikel, hingga menyebabkan SERP blog kita berkurang. Kalau ditelaah kembali, kedua hal itu memiliki hubungan yang erat dengan sebuah ungkapan.
"Hal yang dilakukan secara terus-menerus dimulai dari paksaan dan akhirnya berubah menjadi kebiasaan. Sedang hal yang terus menerus dilakukan (berlebihan), juga tidak baik jika dibiasakan" #wuih panjang banget kutipannya

Dari kutipan tersebut, saya dapat menyimpulkan bahwa Google juga memiliki prinsip seperti itu. Mengapa? Karena semakin sering kita mempublikasikan suatu artikel, Google akan terbiasa mengindeks setiap artikel yang masuk dari blog kita. Namun dengan syarat, estimasi atau penjadwalan publikasi artikel dilakukan secara teratur. Inilah mengapa saya menganjurkan untuk tidak terlalu banyak men-share artikel, apalagi artikel yang menurut setiap orang tidak penting dan tidak berguna.

Salah satu syarat blog yang baik di bagian penulisan adalah blog tersebut memiliki penjadwalan yang baik dalam hal post artikel. Dengan kata lain, kita harus mempublikasikan post secara berkala, tidak terus menerus ataupun sangat jarang sekali. Post yang ideal dibuat dalam satu minggu berkisar antara 7 sampai 10 post. Lebih dari itu, bisa dianggap terlalu over oleh mesin pencari dan bisa jadi dicurigai merupakan hasil copy-paste dari blog lain, meski post-post tersebut adalah hasil pemikiran kita sendiri.
Scheduled Posting
Sedangkan untuk pengelolaannya juga tidak bisa sembarangan. Sekedar tips, disarankan dalam satu hari tidak mempublikasikan lebih dari 3 post, agar seimbang. Misal dalam satu minggu, target kita membuat 10 post artikel. Di hari Senin sampai Rabu kita memposting dua artikel setiap harinya. Sedangkan dari hari Kamis sampai Minggu kita hanya boleh memposting satu post artikel saja. Jika hal ini terjadi secara berulang-ulang dan berkala dapat meningkatkan SERP atau nilai pencarian di mesin pencari.

Jika ada minggu-minggu tertentu dimana anda sibuk melakukan aktifitas lain (selain blogging) sehingga tidak memungkinkan mencapai target 10 post artikel, jangan sekali-sekali menumpuk sisa artikel yang belum dibuat dalam satu hari sekaligus. Misalnya Senin sampai Rabu kita telah membuat 6 artikel. Ternyata, Kamis sampai Sabtu kita sangat sibuk sehingga tidak sempat membuat satu artikel per hari. Sementara masih ada hari Minggu yang ternyata merupakan waktu luang untuk anda. Nah, sisa 4 artikel tersebut (agar mencapai target 10 artikel) jangan langsung ditulis pada hari Minggu, namun cukup maksimal dua artikel saja yang kita tulis pada hari Minggu tersebut. Jangan langsung menuliskan 4 artikel sekaligus, takutnya Google akan kaget dan mengira kita telah melakukan copy-paste.

Jika kita hanya menulis 2 artikel pada hari Minggu tersebut, berarti total post yang berhasil kita publikasikan berjumlah 8 post, tidak memenuhi target 10 post. Tidak apa-apa, sebagai Blogger pemula, tidak dapat mencapai target itu hal biasa. Namun bisa jadi bahan evaluasi kita agar selalu meluangkan waktu meski hanya 1 jam untuk menulis artikel, jika memungkinkan dan jika anda benar-benar berniat menaikkan level blog anda. Tetapi ingat! Sekali lagi keputusan berada di tangan anda. Saya hanya menuntun sedikit saja, agar anda mengerti aturan-aturan SEO mesin pencari.

Oh ya, jika anda ingin mengetahui tips penulisan post yang baik dan benar lainnya, silahkan kunjungi Kriteria Post Artikel yang SEO.

Demikian tips saya kali ini, semoga bermanfaat untuk anda.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

visit link download